Hanya Modal NIK KTP Bisa Mendapat Bantuan Modal Usaha 3,5 Juta dari Pemerintah! Simak Caranya

 


Kabar gembira bagi seluruh warga indonesia. Pemerintah berencana akan memberikan dana bantuan dengan nominal yang jumlahnya lumayan. 

Kementrian Sosial (Kemensos) bakal menggulirkan program bantuan berupa modal usaha untuk masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH). 


Dana bantuan yang akan diberikan adalah sejumlah 3,5 Juta Rupiah. 


Adapun program bantuan ini hanya diperuntukkan bagi KPM PKH yang telah diseleksi dan ditentukan oleh pihak kemensos. 


Cara untuk mendapatkannya cukup mudah. Masyarakat hanya perlu login di website dtks.kemsos.go.id dan cek KTP. 


Untuk mendapatkan dana ini, warga yang telah digraduasi oleh kemensos akan diseleksi kembali dan ditentukan kelayakannya untuk menerima bantuan.   


Sebelumnya Kemensos telah memberikan bantuan insentif modal usaha (BSIMU) sebesar Rp500 ribu yang diberikan pada 10 ribu KPM PKH graduasi. 

Berikut syarat penerima bantuan ini : 


1. warga miskin/rentan miskin 


2. anggota KPM PKH yang sudah digraduasi 


3. punya usaha                


10.000 KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha terdampak pandemi telah menerima dana insentif Rp500 ribu dan plus BSIMU Rp3,5 juta jika Anda lolos seleksi, tak tanggung anggaran mencapai Rp5 miliar. 


Bantuan ini diharapkan membuat rintisan usaha ultra mikro KPM PKH Graduasi terus bertahan di tengah sulitnya ekonomi. 

Nantinya, KPM PKH Graduasi yang terseleksi akan menerima pendampingan dan bantuan sosial insentif modal usaha sebesar Rp3,5 juta/KPM untuk lebih mengembangkan usahanya. 








“Rintisan usaha yang dikelola KPM PKH Graduasi ini adalah usaha ultra mikro,” kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam keterangan resminya dilansir dari laman Kemensos.go.id. 








KPM PKH Graduasi dimaksud adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan miskin namun graduasi karena beberapa komponennya tidak memenuhi. 








Calon penerima bantuan ini dapat segera mengecek apakah terdata atau tidak dengan login di dtks.kemensos.go.id.       








MENTERI Sosial Juliari P Batubara saat melakukan kunjungan kerja di Pemalang Jawa Tengah belum lama ini. 








Namun dalam pelaksanaannya program ini ditangani langsung oleh tenaga kerja kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan pastinya Anda akan diseleksi apakah Anda layak mendapatkan bansos ini atau tidak. 








Sementara itu, dikabarkan berikut ini jenis usaha yang berhak mendapatkan program bantuan ini adalah usaha kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian dan peternak. 








Cara mendaftar : Kementerian sosial melakukan seleksi terhadap KPM PKH yang sudah di graduasi jika Anda lolos akan diinfokan oleh pendamping PKH. 








Ini berarti tidak ada data baru melainkan ini diambil dari data keluarga penerima manfaat yang sudah digraduasi oleh Kemensos. 








Sementara itu jika Anda lolos mendapatkan bantuan ini prosedur pencairan dana bantuan modal usaha ini akan langsung didampingi oleh pendamping PKH yang berkompeten.

LihatTutupKomentar